Tumor Hati

Apa tumor hati?

Tumor hati adalah massa yang terjadi dalam hati yang dapat berupa jinak atau ganas (kanker). Tumor yang ditemukan pada saat lahir atau awal setelah melahirkan sering jinak di alam. Sementara ini memerlukan penghapusan, tidak ada pengobatan tambahan dengan kemoterapi atau radioterapi diperlukan. Salah satu jenis tumor jinak disebut hamartoma mesenchymal. Tumor ini merupakan koleksi abnormal jaringan terlihat pada janin yang sedang berkembang, tapi tidak biasanya terjadi di hati. Operasi pengangkatan tumor adalah pengobatan hanya diperlukan

Pada umumnya ada dua jenis tumor ganas langka dan ini memerlukan perawatan yang lebih luas. Mereka adalah:

Hepatoblastoma

Hepatoblastoma adalah tumor kanker hati. Hati, organ terbesar dalam tubuh, terdiri dari lobus kanan dan kiri. (Lihat Anatomi hati, bawah) Penyakit ini terjadi terutama pada bayi dan anak-anak muda. Dengan pengobatan yang tepat, hepatoblastoma adalah sangat responsif terhadap kemoterapi. Hepatoblastoma sel-sel kanker dapat menyebar (bermetastasis) ke area lain dari tubuh. Situs yang paling umum dari metastasis adalah paru-paru, perut dan struktur perut, dan jarang ke tulang, sistem saraf pusat dan sumsum tulang.

Hepatocellular (karsinoma hati):

Karsinoma hepatoseluler adalah penyakit langka di mana sel-sel kanker ditemukan dalam jaringan hati. Kanker jenis ini ditemukan pada anak-anak sejak lahir sampai 19 tahun, tetapi biasanya tidak terjadi sebelum usia 15. Usia rata-rata adalah 12 tahun.

Hepatocellular carcinoma mungkin terjadi pada beberapa situs dalam hati, dan jauh kurang responsif terhadap kemoterapi dibandingkan hepatoblastoma. Sel-sel kanker juga dapat menyebar (bermetastasis) ke area lain dari tubuh. Situs yang paling umum dari metastasis adalah paru-paru, ke dalam struktur perut dan perut, dan jarang ke tulang, sistem saraf pusat, dan sumsum tulang.

Anatomi hati

Hati terletak di bagian kanan atas dari rongga perut, di bawah diafragma dan di atas perut, ginjal kanan, dan usus. Bentuknya seperti kerucut, hati adalah organ cokelat kemerahan gelap yang beratnya sekitar tiga pon. Hati terdiri dari dua lobus utama, yang keduanya terdiri dari ribuan lobulus. Ini lobulus yang terhubung ke saluran kecil yang terhubung dengan saluran yang lebih besar untuk akhirnya membentuk saluran hati. Duktus hepatik mengangkut empedu yang diproduksi oleh sel-sel hati ke kandung empedu dan duodenum (bagian pertama dari usus kecil). Hati mengatur tingkat bahan kimia yang dalam darah dan mengeluarkannya produk yang disebut “empedu,” yang membantu membawa pergi produk limbah dari hati.

Apa yang menyebabkan tumor hati?

Meskipun penyebab pasti dari tumor hati yang paling tidak diketahui, ada sejumlah kondisi genetik yang dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk mengembangkan kanker pada anak hati. Hepatoblastoma dikaitkan dengan Beckwith-Wiedemann syndrome, hemihypertrophy, dan poliposis keluarga adenomatous.

Kondisi genetik lainnya yang berhubungan dengan kanker hati termasuk kesalahan bawaan beberapa metabolisme seperti tyrosinemia, penyakit penyimpanan glikogen tipe 1, galaktosemia, dan alpha-antitrypsin.

Anak-anak yang terkena infeksi hepatitis B pada usia dini atau mereka yang memiliki atresia bilier juga pada peningkatan risiko untuk mengembangkan kanker hati.

Hepatocellular carcinoma mungkin timbul dalam hati dengan kelainan yang mendasari seperti sirosis kolestatik familial, hepatitis sel raksasa bayi, anemia Fanconi , dan penyakit penyimpanan glikogen. Anak-anak yang terkena hepatitis B atau C infeksi pada usia dini berada pada peningkatan risiko untuk mengembangkan karsinoma hepatoseluler. Beberapa karsinoma hepatoseluler dan hepatoblastomas memiliki perubahan genetik dalam gen supresor tumor, yang akan menjelaskan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Apa saja gejala dari tumor hati?

Berikut ini adalah gejala yang paling umum dari tumor hati. Namun, setiap anak mungkin mengalami gejala yang berbeda. Gejala dapat bervariasi, tergantung pada ukuran tumor, apakah itu jinak atau ganas dan jika ganas, keberadaan dan lokasi metastasis. Gejala mungkin termasuk:

  • massa perut yang besar, atau perut bengkak
  • nyeri di sisi kanan yang dapat memperpanjang ke punggung dan bahu
  • penurunan berat badan, nafsu makan menurun
  • Nyeri perut
  • muntah
  • ikterus (menguningnya mata dan kulit)
  • demam
  • gatal kulit
  • anemia (kulit pucat dan bibir dari berkurangnya jumlah sel darah merah)
  • sakit punggung dari kompresi dari tumor

Bagaimana didiagnosis tumor hati?

Selain riwayat medis lengkap dan pemeriksaan fisik, prosedur diagnostik untuk karsinoma hepatoseluler mungkin termasuk:

  • biopsi – contoh jaringan yang diambil dari tumor dan diperiksa di bawah mikroskop, ahli bedah juga dapat melihat hati menggunakan alat yang disebut laparoskop, sebuah tabung kecil dengan cahaya di ujung
  • darah lengkap (TDL) – pengukuran ukuran, jumlah, dan kematangan sel-sel darah yang berbeda dalam volume tertentu darah
  • tes darah tambahan – mungkin termasuk kimia darah, evaluasi fungsi hati dan ginjal, dan studi genetik
  • beberapa studi pencitraan, termasuk:
    • komputerisasi tomografi Scan (juga disebut CT atau CAT scan) – prosedur pencitraan diagnostik yang menggunakan kombinasi dari x-ray dan teknologi komputer untuk menghasilkan gambar penampang (sering disebut iris), secara horisontal dan vertikal, dari tubuh. CT scan menunjukkan gambar rinci dari setiap bagian tubuh, termasuk tulang, otot, lemak, dan organ. CT scan lebih rinci daripada umumnya x-ray.
    • Magnetic Resonance Imaging (MRI) – sebuah prosedur diagnostik yang menggunakan kombinasi magnet besar, radiofrequencies, dan komputer untuk menghasilkan gambar yang detil dari organ dan struktur dalam tubuh
    • x-ray – sebuah tes diagnostik yang menggunakan energi elektromagnetik tidak terlihat balok untuk menghasilkan gambar dari jaringan internal, tulang, dan organ ke film
    • USG (juga disebut sonografi) – teknik pencitraan diagnostik yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi dan komputer untuk membuat gambar pembuluh darah, jaringan, dan organ. Ultrasound yang digunakan untuk melihat organ-organ internal saat mereka berfungsi, dan untuk menilai aliran darah melalui berbagai kapal.
    • hati scan – gambar atau x-ray diambil dari hati setelah pewarna telah disuntikkan yang diserap oleh jaringan hati. Ini digunakan untuk mendeteksi tumor dan kelainan hati.
  • alpha-fetoprotein (AFP) tes – alpha-fetoprotein (AFP) tingkat dalam darah dapat digunakan untuk mendiagnosa dan mengikuti respon terhadap pengobatan

Apa saja tahapan yang berbeda dari kanker anak hati?

Staging merupakan proses penentuan apakah kanker telah menyebar dan, jika demikian, seberapa jauh. Ada gejala pementasan berbagai yang digunakan untuk karsinoma hepatoseluler. Selalu konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk informasi tentang pementasan. Salah satu metode pementasan adalah sebagai berikut:

  • tahap I – biasanya tumor yang dapat benar-benar dihapus dengan operasi
  • Tahap II – biasanya tumor yang sebagian besar dapat dihilangkan dengan pembedahan, tetapi jumlah yang sangat kecil dari kanker yang tersisa di hati
  • Tahap III – biasanya tumor yang tidak dapat sepenuhnya dihapus dan sel-sel kanker ditemukan pada kelenjar getah bening
  • stadium IV – kanker yang telah menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh
  • berulang – penyakit telah kembali setelah telah diobati. Mungkin akan kembali di hati atau di bagian lain dari tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s